Penyakit Biduran

Category : Kesehatan
Penyakit Biduranby Latedon.Penyakit BiduranPenyakit Biduran Penyakit Biduran – Biduran atau sering juga disebut urtikaria merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah yang terasa gatal. Bilur ini biasanya akan muncul di salah satu bagian tubuh dan kemudian akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Selain gatal, ruam yang timbul akibat biduran ini juga […]

Penyakit Biduran

Penyakit Biduran – Biduran atau sering juga disebut urtikaria merupakan suatu kondisi yang terjadi akibat reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah yang terasa gatal. Bilur ini biasanya akan muncul di salah satu bagian tubuh dan kemudian akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Selain gatal, ruam yang timbul akibat biduran ini juga bisa terasa sangat perih. Dimana ruam ini bisa muncul di mana saja termasuk wajah, lidah, teggorokan, bibir, dan telinga.

Penyakit Biduran

Biduran ini umumnya terjadi ketika tubuh terpapar oleh reaksi alergi. Seperti akibat adanya paparan dari bahan-bahan kimia, paparan sinar matahari, sengatan serangga, atau obat-obatan. Dimana kondisi ini akan memicu tubuh mengeluarkan senyawa kimia bernama histamin. Histamin inilah yang nantinya akan menyebabkan pelepasan plasma dalam darah, sehingga menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian kulit dan menimbulkan rasa gatal.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa memicu dan meningkatkan resiko seseorang terkena biduran :
  • Pengaruh Perubahan Cuaca
  • Aktivitas fisik atau olahraga yang berlebihan
  • Pengaruh bahan kimia seperti pewarna dan pengawet dalam makanan
  • Alergi terhadap makanan atau benda tertentu
  • Stress atau kurang istirahat

Kondisi yang di alami oleh penderita biduran bukan hanya gatal dan ruam merah. Tetapi kondisi ini bisa semakin memburuk, yang paling di khawatirkan terjadinya infeksi yang menyebar dan masuk ke dalam jaringan kulit. Dimana jika infeksi bidurdan ini sampai ke jaringan kulit bagian dalam bisa menyebabkan terhambatnya sistem pernapasan. Sehingga bisa dikatakan kondisi ini bisa memicu terjadinya gangguan pernapasan atau sesak nafas.

Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa melakukan beberapa cara yang bisa membantu mengatasi dan meringankan gejala penyakit biduran.

Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gejala biduran :
  • Hindari menggaruk bagian kulit yang gatal dan muncul ruam merah
  • Jangan menggunakan sabun dengan kandungan bahan kimia
  • Usahakan bagian kulit yang terkena biduran
  • Gunakan pakaian yang cukup longgar dan ringan
  • Hindari beberapa jenis makanan atau benda yang bisa memicu terjadinya alergi

sumber : http://www.beritaharianmu.com/qnc-jelly-gamat/

Related Posts