Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Media Transmisi Jaringan

Category : Bisnis
Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Media Transmisi Jaringanby Latedon.Pengertian, Fungsi dan Macam-macam Media Transmisi JaringanPengertiani Media Jaringan Komputer Tutorial Komputer – Media jaringan adalah perangkat keras yang digunakan untuk membangun komputer yaitu perangkat keras atau perangkat lunak. Di sini Anda dapat membangun media jaringan yang membutuhkan perangkat keras jaringan seperti setidaknya dua komputer, kartu jaringan atau kartu antarmuka jaringan, switch, hub, router, server file, repeater, jembatan, dan media transmisi. […]

Pengertiani Media Jaringan Komputer

Tutorial Komputer – Media jaringan adalah perangkat keras yang digunakan untuk membangun komputer yaitu perangkat keras atau perangkat lunak. Di sini Anda dapat membangun media jaringan yang membutuhkan perangkat keras jaringan seperti setidaknya dua komputer, kartu jaringan atau kartu antarmuka jaringan, switch, hub, router, server file, repeater, jembatan, dan media transmisi.

Fungsi media transmisi jaringan

Transmisi media adalah perangkat yang digunakan sebagai sarana penghubung dalam jaringan komputer. Media transmisi dapat menghubungkan setiap perangkat dan menghubungkan perangkat. Transmisi media jairngan memiliki dua jenis media transmisi, transmisi kabel dan media, tanpa kabel.

 

Jaringan transmisi media lainnya

1. Transmisi media dengan kabel (wired network)
Hampir semua jaringan komputer yang ada menggunakan kabel sebagai media transmisi. Karena media transmisi ini menggunakan banyak ruang untuk jaringan kabel, namun jangkauannya terbatas dan tidak efisien. Jaringan kabel ini biasanya digunakan di area lokal, seperti membangun jaringan di lab komputer, membuat jaringan komputer di sekolah, membangun jaringan LAN di kantor.

 

 

Jika jarak antara sumber data dan penerima tidak terlalu lama, kabel akan menggunakan koneksi kabel di jaringan lebih andal, sehingga sebenarnya bisa digunakan sebagai media transmisi yang sangat bagus dalam praktiknya. Kabel berikut ini biasa digunakan sebagai media transmisi.

  • Kabel twisted pair
  • Kabel koaksial
  • Kabel serat optik (FO)

2. Media transmisi tanpa kabel (wireless network)
Transmisi media tanpa kabel, atau umumnya disebut sebagai jaringan nirkabel, merupakan komunikasi data dalam jaringan komputer berupa gelombang elektromagnetik tanpa menggunakan kabel sebagai medium transmisi. Jaringan nirkabel ini memberi pilihan keuntungan yang dapat diakses pemakai kapanpun serta dimanapun. Kurangnya media transmisi ini ialahkemampuan transfer data lebih kecil dari terhadap jaringan kabel. Biasanya, perangkat yang dipakai di jaringan ini ialah jalur akses, antena grid, dll

 

Di media transmisi ini, kerap berlangsung permasalahan yang masih memungkinkan terjadinya kehilangan data. bila asal pati data serta penerima data cukup medan jauh atau medan yang sulit, tersebutkan bisa dipakai sebagai medium transmisi buat radiasi elektromagnetik yang dipancarkan di luar ruangan.

  1. Microwave
  2. Gelombang radio

Related Posts