Mengenal Manfaat Saham Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Category : Bisnis
Mengenal Manfaat Saham Dalam Kehidupan Sehari-Hariby Latedon.Mengenal Manfaat Saham Dalam Kehidupan Sehari-HariPernah mendengar istilah “investasi”? Hingga kini, investasi sangatlah terkenal karena bisa mendatangkan banyak keuntungan. Dalam ilmu ekonomi, investasi merupakan kegiatan membeli dari modal benda yang berguna di waktu mendatang. Investasi berguna ntuk memiliki keuntungan di masa depan. Ada dua jenis investasi, yakni investasi non residential, contohnya berupa pabrik atau mesin, dan investasi residential yaitu rumah. Sementara itu, jenis […]

Image result for saham

Pernah mendengar istilah “investasi”? Hingga kini, investasi sangatlah terkenal karena bisa mendatangkan banyak keuntungan. Dalam ilmu ekonomi, investasi merupakan kegiatan membeli dari modal benda yang berguna di waktu mendatang.

Investasi berguna ntuk memiliki keuntungan di masa depan. Ada dua jenis investasi, yakni investasi non residential, contohnya berupa pabrik atau mesin, dan investasi residential yaitu rumah.

Sementara itu, jenis produk investasi yang banyak dipilih biasanya berupa surat berharga, saham atau obligasi, rumah, tanah dan lainnya. Setiap orang memiliki alasan tersendiri dalam memilih jenis investasi yang sesuai kebutuhan dan karakteristik usaha.

Investasi dalam Kehidupan Finansial

Investasi dan kehidupan finansial pastinya sangat berkaitan. Masing-masing jenisnya memiliki tujuan finansial yang berbeda-beda. Jadi, gak heran saat setiap orang memilih investasi yang disesuaikan dengan tujuan finansial mereka.

Contohnya saja, investasi properti seperti tanah, ruko, toko dan rumah. Karena harga tanah terus meningkat setiap tahunnya, maka investasi tanah yang dipilih akan sangat menguntungkan.

Ciri-ciri Investasi Sehat
Gak hanya fisik saja, tapi investasi juga harus sehat loh! Investasi yang sehat sebenarnya bisa dilihat dari dasar hukumnya. Apapun jenisnya, investasi yang sehat akan memiliki badan hukum legal.

Jika suatu investasi sehat, maka investor akan mendapat keuntungan finansial yang berkelanjutan dan sesuai dengan ketentuan. Tetapi, apabila investasinya gak sehat, maka bisa jadi banyak kerugian yang bakal ditanggung investor. Gak mau memilih investasi yang gak sehat serta merugikan dong, kalau begitu pilihlah investasi yang memiliki ciri-ciri seperti ini

  • Dasar hukum kuat
  • Potensi menghasilkan uang tinggi
  • Mudah dipahami mekanismenya
  • Banyak dipilih oleh investor
  • Dipercaya masyarakat
  • Memiliki testimoni dari nasabah

Manfaat Investasi Terhadap Kehidupan Finansial

1. Menambah peluang penghasilan

Investasi pasti menambah peluang penghasilan. Seperti kata investor ternama Warren Buffet:

“Jangan meletakkan telur di dalam satu wadah”

Artinya, kita harus berinvestasi dengan diversifikasi investasi dari penghasilan kita. Sehingga, saat waktunya dipanen, penghasilan akan berasal dari berbagai sumber (gak hanya dari satu sumber). Jumlahnya pun bisa sangat bervariasi tergantung pada jenis dan nominal investasi.

2. Memperluas wawasan tentang sumber dana

Seorang investor biasanya akan memiliki banyak link dari ranah bisnis. Dengan demikian, wawasan tentang sumber dana dan permodalan akan semakin tinggi. Jika kita memiliki wawasan yang luas tentang sumber dana, gak menutup kemungkinan jika kita juga bisa menjadi seorang perencana keuangan yang handal.

3. Meningkatkan kebijakan dalam mengeksekusi

Jika ada sebagian dana yang bisa diinvestasikan, seorang investor handal akan mampu melakukan kebijakan dan mengeksekusinya. Semakin panjang jangka waktu investasi, maka semakin banyak pula kebijakan yang bisa diambil.

Wawasan dan pengetahuan tentang investasi bisa jadi bekal bagi investor dalam melangkah secara gak bertanggung jawab atau kurang konsisten.

4. Mengasah tanggung jawab dan rasa percaya diri

Sikap bertanggung jawab dan rasa percaya diri adalah dua hal yang bisa semakin bertambah jika kita melakukan investasi. Secara finansial, tanggung jawab keuangan terhadap keluarga, perusahaan dan pribadi akan meningkat. Sedangkan, rasa percaya diri juga terasah saat melakukan investasi, terutama jika kita terjun langsung dalam usaha yang terkait investasi.

Investasi dapat memberikan kehidupan finansial yang sukses. Dengan berinvestasi, kita memiliki kesempatan untuk memiliki keuntungan lebih besar selain penghasilan rutin bulanan. Jadi, mulailah melakukan investasi sejak dini untuk kehidupan masa depan yang lebih baik.

Related Posts