Hukum Kurban Serta Hewan yang Bisa Dijadikan untuk Qurban

Category : Wisata
Hukum Kurban Serta Hewan yang Bisa Dijadikan untuk Qurbanby Latedon.Hukum Kurban Serta Hewan yang Bisa Dijadikan untuk QurbanLewat AL-Qur’an Surat AL Kutsar ayat 2, Allah Berfirman agar melaksanakan shalat dan menyembelih hewan. Menyembelih hewan tersebut menurut sebagian ulama ahli tafsir merupakan menyembelih hewan qurban setelah shalat Ied. Hukum berkurban sendiri adalah sunnah. Sebagian ulama menyebutkan jika kurban adalah ibadah yang wajib untuk orang yang berkelapangan atau yang berkecukupan hartanya, namun ada sebagian […]

Lewat AL-Qur’an Surat AL Kutsar ayat 2, Allah Berfirman agar melaksanakan shalat dan menyembelih hewan. Menyembelih hewan tersebut menurut sebagian ulama ahli tafsir merupakan menyembelih hewan qurban setelah shalat Ied. Hukum berkurban sendiri adalah sunnah. Sebagian ulama menyebutkan jika kurban adalah ibadah yang wajib untuk orang yang berkelapangan atau yang berkecukupan hartanya, namun ada sebagian ulama yang menyebutkan jika hukum kurban adalah sunnah mu’akkadah atau ditekankan. Akan tetapi, untuk menengahi pendapat tersebut, maka sebagian ulama mengemukakan jika kurban sebaiknya dilaksanakan bagi orang yang mampu atau berkecukupan karena kurban tidak hanya bisa menenangkan hati namun juga melepaskan tanggungan. Penjelasan lebih lanjut, bisa Anda kunjungi link berikut https://www.globalqurban.com/id/news/article/hukum-qurban-di-mata-allah-swt.

 

Pada dasarnya, dengan ibadah kurban bertujuan untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga iman dan taqwa bisa lebih meningkat. Hewan yang diperbolehkan untuk dijadikan sebagai hewan kurban adalah kambing, domba, sapi atau lembu, unta. Hewan yang boleh untuk dijadikan hewan kurban harus memenuhi usia yang ditentukan yaitu untuk kambing usia sempurnanya adalah 1 tahun dan jalan 2 tahun dan usia untuk sapi minimal 2 tahun dan jalan 3 tahun. Hewan kurban tersebut juga tidak boleh cacat. Cacat yang dimaksud dalam syariat Islam yaitu:

 

  • Buta sebelah yang terlihat butanya.
  • Pincang yang terlihat pincangnya.
  • Sakit yang tampak jelas sakitnya.
  • Kurus yang bahkan tidak memiliki daging ataupun sumsum tulang.

 

Banyak perdebatan mengenai apakah 1 kambing bisa diperuntukkan bagi 1 keluarga atau tidak. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah boleh. Bahkan Nabi Muhammad SAW menyembelih kambing qurban dengan mengatakan jika kambing tersebut dari Rasul dan dari umat yang tidak berkurban. Sehingga, maksud dari kambing yang hanya boleh untuk 1 orang adalah biaya pengadaan untuk membeli kambing tersebut adalah hanya boleh dari 1 orang saja sedangkan biaya pengadaan untuk sapi sebanyak 7 orang dan untuk unta maksimal adalah 10 orang.

 

Untuk kurban, sebaiknya melaksanakan kurban 1 kambing daripada urunan kurban sapi ataupun unta sebab 7 kambing manfaatnya lebih banyak dibandingkan seekor sapi, dan hal tersebut dikemukakan oleh sebagian ulama. Pelaksanaan kurban sendiri bisa dilaksanakan di tempat tinggal atau tempat Anda berada dengan menyerahkannya kepada takmir atau yang bersangkutan dalam pengelolaan kurban.

 

Namun, ada pula kurban online yang dilaksanakan oleh lembaga tertentu yang mengelola mengenai kurban. Sistem dari kurban online tersebut biasanya adalah Anda melakukan transfer atau memilih untuk mengikuti program kurban sesuai dengan yang diberikan atau ditawarkan oleh pihak tersebut kemudian uang yang ditransfer tersebut akan dibelikan hewan kurban dan nantinya akan didistribusikan ke tempat yang lebih membutuhkan.

Related Posts