Daftar Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Category : Alat Musik
Daftar Alat Musik Tradisional Jawa Timurby Latedon.Daftar Alat Musik Tradisional Jawa TimurPropinsi Jawa Timur adalah satu diantara propinsi di Pulau Jawa yang letaknya ada di paling timur. Dengan geografis, Jawa Timur ini meliputi pulau Madura yang sesungguhnya dengan antropologis memiliki kebudayaan yang sedikit berlainan dengan kebudayaan Jawa Timuran. Diliat dari riwayatnya, Propinsi Jawa Timur di kenal memiliki kebudayaan yang telah maju mulai sejak masa lalu. Hal […]

Propinsi Jawa Timur adalah satu diantara propinsi di Pulau Jawa yang letaknya ada di paling timur. Dengan geografis, Jawa Timur ini meliputi pulau Madura yang sesungguhnya dengan antropologis memiliki kebudayaan yang sedikit berlainan dengan kebudayaan Jawa Timuran. Diliat dari riwayatnya, Propinsi Jawa Timur di kenal memiliki kebudayaan yang telah maju mulai sejak masa lalu. Hal itu diikuti dengan penemuan beragam prasasti dan candi peninggalan dari kerajaan-kerajaan terdahulu, seperti kerajaan Kahuripan, Medang Kamulan, Majapahit, Kanjuruhan, Singasari, Janggala, serta beda sebagainya.

Diluar itu, terdapat banyak peninggalan kebudayaan kebendaan seperti tempat tinggal kebiasaan, senjata, baju kebiasaan, alat musik tradisionil, bermacam type tari-tarian serta kesenian tradisionil yang lain juga menunjukkan kalau kebudayaan Propinsi Jawa Timur memiliki eksistensinya sendiri mulai sejak dulu. Nah pada artikel ini kami juga akan mengulas satu diantara segi perlu didalam kebudayaan Propinsi Jawa Timur, yakni mengenai alat musik tradisionilnya. Di bawah ini yaitu 9 alat musik tradisionil dari Jawa Timur.

Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Gambar Alat Musik Tradisional Jawa Timur

1. Angklung Caruk

Berdasarkan alatmusik.org ,Angklung Caruk yaitu alat musik tradisionil yang datang dari Kabupaten Banyuwangi. Alat musik yang terbuat dari tabung bambu ini dimainkan lewat cara yang unik. Kata caruk atau carok sendiri mempunyai makna perlombaan atau pertarungan. Oleh karena itu pertunjukan dari kesenian Angklung Caruk ini tentu biasanya juga akan dibarengi oleh 2 (dua) grup. Grup yang tampak juga akan menghadirkan kekuatan paling baik mereka di dalam bermain Angklung Caruk agar memperoleh titel juara.

Uniknya sekali lagi beberapa pemirsa di dalam pertunjukan ini juga akan dibagi jadi 3 (tiga) grup. Dua salah satunya yaitu grup berseberangan yang pasti juga akan mensupport satu diantara grup. Bekasnya yaitu grup yang netral. Dalam pertunjukannya, Angklung Caruk bukan sekedar menghadirkan seni musiknya saja. Tetapi umumnya juga akan dipertunjukkan sebagian tarian seperti Tari Jangeran serta Kuntulan. Alat musik yang biasanya tidak hanya angklung. Tapi ada juga Gendang, saron, peking, kethuk serta gong yang turut menghiasi dalam pertunjukan Angklung Caruk ini.

2. Angklung Reog

Angklung Reog adalah type alat musik tradisionil yang sering digunakan untuk menemani tarian reog ponorogo. Alat musik ini memiliki keunikan, yakni pada suaranya yang begitu keras saat dimainkan. Angklung Reog punya 2 buah suara dan punya bentuk lengkungan rotan di bagian terdapat hiasan-hiasan benang berumbai-rumbai dengan warnanya yang indah yang begitu menarik perhatian.

Langkah memainkanya alat musik ini yaitu dengan langkah membenturkan pada bambu dengan cuthik yang berperan jadi resonatornya. Angklung tradisionil dari Ponorogo ini berlainan dengan alat musik angklung dari daerah lainnya. Angklung dari Ponorogo ini punya keunikan sendiri pada hiasan yang berwarna merah dan kuning dan adalah warna ciri khas dari pada kesenian reog ponorogo.

3. Terompet Reog

Sesuai sama namanya, Terompet Reog ini digunakan untuk menemani musik reog pada pertunjukan kesenian Reog Ponorogo. Terompet reog atau biasa disebut selompret ini biasanya dipakai dengan alat musik tradisionil jawa timur lainnya.

Terompet reog yang digunakan pada kesenian Reog Ponorogo ini memiliki keunikan pada sisi bentuk serta bunyinya yang begitu unik. Alat musik ini terbuat dari kayu, bambu, serta tempurug kelapa. Langkah memainkan terompet reog yaitu dengan langkah ditiup. Bentuk terompet reog ini bisa dibilang sangat unik, kenapa? karena ukuran yang besar di bagian ujung bawahnya serta mengerucut mengecil ke ujung yang ditiup dan ada pula sekat yang dibuat dari tempurung kelapa dengan mempunyai bentuk yang mirip seperti kumis dari sang peniup terompet. Terompet reog memiliki 6 buah lubang yang berperan untuk mengatur suara serta 1 buah lubang digunakan untuk meniup.

4. Gamelan

Gamelan adalah alat musik tradisionil yang dimainkan lewat cara tidak sama serta umumnya sesuai dengan bentuk gamelannya tersebut. Secara singkat, tahapan memainkan alat musik tradisional ini terbagi-bagi kedalam 4 grup, adapun grupnya Idhipiones, Aerophones, Chordophones, serta Membranophones. Apa itu 4 grup tersebut? Penjelasan ada dibawah ini.
Idhipiones, yakni alat musik yang dimainkan lewat cara dipukul atau ditabuh menggunakan alat jam. Biasanya gamelan yang dimainkan lewat cara dipukul yaitu semuanya gamelan yang berbentuknya pencon (pencu) serta bilahan.
Aerophones, yakni alat musik yang dimainkan lewat cara diitiup.
Chordophones, yakni alat musik yang dimainkan lewat cara digesek serta terbuat dari kawat, seperti celempung, siliter serta rebab.
Membranophones, yakni alat musik yang cara memainkannya lewat cara ditabuh dan biasanya terbuat dari kulit binatang, seperti bedug, gendang serta rebana.

5. Bonang

Apabila diliat dari sisi memiliki bentuk, Bonang ini nyaris serupa dengan alat musik gamelan yang berada di Jawa Tengah. Namun yang membedakan yaitu bonangnya serupa dengan cerak atau pot. Kekhasan dari bonang ini yaitu memiliki poros yang cembung di bagian tengahnya yang berperan tempat dipukulnya alat musik.

Langkah memainkan alat musik ini yaitu dengan langkah dipukul di bagian atasnya yang menonjol atau dimaksud dengan pencon. Dalam memukulnya, umumnya juga akan memakai dua alat pemukul spesial yang dibuat dari tongkat berlapis yang dimaksud dengan bindhi. Alat musik bonang ini terdiri jadi 2, yaitu bonang barung serta bonang penerus. Konon tuturnya alat musik Bonang ini adalah alat musik melodi terpenting di Degung gamelan sunda.

6. Kendang

Dalam kesenian reog, kendang yang digunakan ada 2 yakni kendang besar serta kendang yang paling kecil. Untuk peranannya, alat musik ini memiliki ketidaksamaan pada Propinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Di Propinsi Jawa Timur kendang ini berfungsi jadi penentu pergerakan pada tarian, sedang di Propinsi Jawa Tengah kendang ini berguna jadi penentu berubahnya rincikan gendhing.

7. Saronen

Saronen adalah Alat Musik Tradisional Jawa Timur yang datang dari Madura. Saronen ini umumnya terbuat dari kayu jati dengan panjang 40 cm.. Dengan fisik, alat musik tradisionil ini berupa kerucut serta mempunyai 7 buah lubang, 6 lubang salah satunya berderet di bagian depan serta 1 lubang bekasnya ada di bagian belakang tubuh Saronen.

Saronen memiliki sebagian kekhasan, salah nya ialah tempat untuk meniupnya yang terbuat dari daun aren. Bukan sekedar itu di bagian ini ada juga satu sayap yang di buat dari tempurung kelapa serta memiliki bentuk mirip kumis beberapa peniup alat musik ini.

Saronen biasanya cuma dimainkan didalam satu group musik yang terbagi dalam beragam jenis alat musik tradisionil, seperti kendhang, kempul, ketuk, kenong, serta gong. Alat musik ini memiliki ciri-khas nada yang begitu nyaring, melengking, parau, dan meliuk-liuk. Didalam satu permainan group musik, Saronen cuma ini dimainkan dengan spontan serta tanpa ada terikat disuatu alur spesifik.

Related Posts