Cara Menggunakan Fetal Doppler Untuk Mendengarkan Detak Jantung Bayi

Category : Kesehatan
Cara Menggunakan Fetal Doppler Untuk Mendengarkan Detak Jantung Bayiby Latedon.Cara Menggunakan Fetal Doppler Untuk Mendengarkan Detak Jantung BayiCara Menggunakan Fetal Doppler – Fetal Doppler merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mendeteksi detak jantung bayi yang masih berada dalam kandungan dengan memanfaatkan prinsip elektomagnetik. Ketika adanya detak jantung yang terdeteksi maka bisa dipastikan janin tumbuh dengan normal. Alat ini pertama kali ditemukan oleh seorang berkebangsaan Austria bernama cristian jhann Doppler sekitar tahun 1842. […]

Cara Menggunakan Fetal Doppler

Cara Menggunakan Fetal Doppler – Fetal Doppler merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mendeteksi detak jantung bayi yang masih berada dalam kandungan dengan memanfaatkan prinsip elektomagnetik. Ketika adanya detak jantung yang terdeteksi maka bisa dipastikan janin tumbuh dengan normal.

Alat ini pertama kali ditemukan oleh seorang berkebangsaan Austria bernama cristian jhann Doppler sekitar tahun 1842. Teknik yang umum digunakan biasanya adalah berupa ultrasound atau yang berfrekuensi 2 MHz. Fetal Doppler juga dilengkapi dengan dilengkapi sebuah prode untuk melakukan radiasi gelombang ultrasonic, dimana sinyal ultrasonic ini akan menunjukan tiap-tiap perubahan yang terjadi.

Cara menggunakan alat fetal Doppler ini pun bisa dibilang cukup mudah yaitu hanya dengan menempelkannya di perut ibu hamil dengan terlebih dahulu diolesi menggunakan gel khusus. Ketika diolesi dengan gel ini biasanya akan terasa dingin. Gel ini terdapat dalam satu paket ketika kita melakukan pembelian fetal Doppler, salah satu distributor alat kesehatan yang menyediakan paket lengkap dalam setiap pembelian alat media yang satu ini bisa anda cek di https://pusatinkubatorbayi.com/product-category/jual-fetal-doppler/

Setelah ditempelkan di perut, geser atau pindah-pindahkan posisi transdusernya diatas gel yang sudah dioleskan tadi sampai menemukan posisi yang pas untuk mendengarkan denyut jantung sang janin. Hal yang harus diingat dan perhatikan adalah bahwa posisi transduser ini harus selalu tegak lurus dengan perut.

Kemudian setelah terdengar detak jantungnya, hitunglah jumlahnya dalam satu menit. Detak jantung yang normal adalah sekitar 110 sampai 160 tiap menitnya. Namun jika anda tidak ingin cape-cape menghitung maka gunakanlah fetal Doppler yang sudah dilengkap layar digital untuk menampilkan berapa detak jantung janin atau bayi per menitnya.

Fetal Doppler ini memang sebuah alat yang sangat membantu kita terutama para ibu dalam mengetahui bagaimana perkembangan janinnya, sehingga akan diketahui apabila ada indikasi yang tidak normal dan bisa segera dilakukan langkah penanganan yang tepat dan sesuai.

Nah itu tadi adalah cara menggunakan fetal Doppler yang bisa kita lakukan untuk mendengarkan detak jantung bayu dalam kandungan. Walaupun alat ini memang bisa anda gunakan sendiri dirumah, namun alangkah baiknya sebelum melakukannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan bidan atau dokter kandungan yang telah anda percaya.

Related Posts