Cara Mengatasi Rumah Lembab

Category : Tips
Cara Mengatasi Rumah Lembabby Latedon.Cara Mengatasi Rumah LembabDengan masuknya musim penghujan maka suhu pun akan berubah. Curah hujan yang tinggi akan membuat udara di dalam rumah terasa lembab. Tidak jarang kelembapan ini bisa menyebabkan tumbuhnya jamur di dinding rumah. Hal ini tentu saja sangat menganggu dan membuat penghuni rumah menjadi tidak nyaman. Untuk mengatasi kelembapan di dalam rumah ada banyak cara yang […]

Dengan masuknya musim penghujan maka suhu pun akan berubah. Curah hujan yang tinggi akan membuat udara di dalam rumah terasa lembab. Tidak jarang kelembapan ini bisa menyebabkan tumbuhnya jamur di dinding rumah. Hal ini tentu saja sangat menganggu dan membuat penghuni rumah menjadi tidak nyaman.

rumah lembab

Untuk mengatasi kelembapan di dalam rumah ada banyak cara yang bisa dilakukan. Pertama anda bisa mulai dengan mencari sumber kelembapan tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahui langkah apa yang selajutnya harus diambil.

Bisa jadi kelembapan di rumah disebabkan sirkulasi udara yang tidak baik ataupun adanya kebocoran pipa air. Kelembapan bisa disebabkan oleh banyaknya kandungan air yang terdapat dalam udara.

Kelembapan yang baik berkisar antara 60-70% RH. Anda bisa mengukur kelembapan udara menggunakan alat yang bernama hydrometer, setelah itu anda bisa memastikan apakah udara di rumah anda lembab atau tidak.

Jika ternyata udara di rumah anda lembab maka anda bisa mengikuti cara-cara di bawah ini untuk mengatasinya.

  1. Menggunakan Kapur Penyerap Air

Kapur penyerap air ini sangat efektif untuk mengatasi kelembapan dalam sebuah ruangan. Kapur penyerap air bisa dibeli dengan mudah di toko-toko peralatan rumah tangga. Cara kerjanya sendiri, jika udara ruangan lembab maka wadah kapur akan mudah terisi air. Setelah wadah penuh anda bisa menggantinya dengan yang baru.

  1. Memasang Exhaust Fan

Exhaust Fan sangat efektif untuk membantu sirkulasi udara dalam sebuah ruangan. Exhaust Fan mampu membuat udara berpindah dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Alat ini bisa diaplikasikan di dinding maupun plafon rumah, disesuaikan saja dengan kelembapan yang ada pada ruangan tersebut.

  1. Menggunakan Dehumidifier

Alat ini bekerja dengan cara mengurangi bahkan menghilangkan udara lembab yang ada pada sebuah ruangan. Dehumidifier akan menyerap udara lembab untuk kemudian diolah menjadi udara dingin dan kemudian akan dikeluarkan kembali. Dehumidifier sangat efektif untuk menghilangkan udara lembab dengan cepat.

Anda dapat memilih cara yang sesuai dengan kelembapan di rumah anda. Sebaiknya gunakan peralatan yang mudah didapat di daerah anda.

Dapatkan tips menarik seputar rumah lainnya di Griyakuindahselaras.com

Related Posts