Beberapa Makanan yang Baik untuk Bayi Usia 4-12 Bulan

Category : Kesehatan
Beberapa Makanan yang Baik untuk Bayi Usia 4-12 Bulanby Latedon.Beberapa Makanan yang Baik untuk Bayi Usia 4-12 BulanTumbuh kembang si kecil yang baik tergantung dari anda, dimulai sejak lahir dan anda harus mempersiapkan semua perlengkapan bayi baru lahir hingga sekarang ia sudah menginjak usia 6 bulan anda harus memilih makanan yang cocok untuk si kecil. Dalam pengetahuan medis, bayi telah mulai bisa di beri konsumsi penambahan terkecuali ASI pada umur 4–6 bln. […]

Beberapa Makanan yang Baik untuk Bayi Usia 4-12 BulanTumbuh kembang si kecil yang baik tergantung dari anda, dimulai sejak lahir dan anda harus mempersiapkan semua perlengkapan bayi baru lahir hingga sekarang ia sudah menginjak usia 6 bulan anda harus memilih makanan yang cocok untuk si kecil. Dalam pengetahuan medis, bayi telah mulai bisa di beri konsumsi penambahan terkecuali ASI pada umur 4–6 bln. ke atas. Supaya perubahannya berjalan baik, dianjurkan untuk berikan makanan sehat untuk bayi sesuai sama usianya.

Beberapa pakar menyebutkan, pada umur itu system pencernaan bayi telah dapat memroses makanan padat. Diluar itu, bayi juga telah mulai memerlukan nutrisi lebih dari sebatas ASI. Jadi contoh, pada umur ini supply zat besi alami pada badan bayi mulai menyusut hingga dia memerlukan konsumsi penambahan supaya tidak kekurangan nutrisi itu.

 

Cobalah cermati bayi Anda, apakah dia telah dapat lakukan beberapa hal berikut ini?

  1. Berat tubuhnya telah naik 2 x lipat dari bobot lahirnya.
  2. Dia telah dapat mengangkat leher serta kepalanya.
  3. Si Kecil mulai tertarik dengan apa yang Anda makan seperti berusaha untuk memegang makanan dari piring Anda.
  4. Tampak kelaparan walaupun barusan di beri susu.
  5. Dia dapat menahan makanan didalam mulut.

Bila Si Kecil telah memperlihatkan beberapa hal diatas, itu bermakna dia telah siap di beri makanan padat. Yuk, Bunda, selekasnya menghias dapur Anda dengan makanan sehat untuk bayi di bawah ini :

  1. Sereal yang terbuat dari satu type bijian-bijian serta telah di beri penambahan zat besi. Anda dapat mencampurkannya dengan ASI, susu formula, atau air mineral. Menu penambahan ini dapat diberi pada bayi berumur 4–6 bln..
  2. Yogurt. Anda bisa mengenalkan yogurt pada bayi berumur 6 bln.. Kandungan kalsium serta vitamin D yang tinggi pada yogurt dapat berikan dampak baik untuk perubahan tulang serta giginya. Diluar itu, Si Kecil juga jadi tidak gampang sakit karna yogurt dapat tingkatkan system kebal badannya serta mensupport kesehatan jantung dan otak. Tentukan yogurt rasa tawar tanpa ada penambahan gula. Lantas, berikan pada buah-buahan yang dihaluskan seperti pisang, apel, atau alpukat. Anda dapat pula berikan penambahan ASI atau susu formula untuk membuatnya encer supaya gampang ditelan olehnya.
  3. Sayur dedaunan hijau gelap. Type makanan ini memiliki kandungan zat besi serta folat tinggi yang baik untuk kesehatannya. Pilihan paling baik yang dapat Anda beri pada Si Kecil yakni bayam.
  4. Brokoli. Terkecuali kalsium, serat, serta folat yang baik untuk perubahan badannya, brokoli juga diberkahi oleh kandungan sulfur. Kandungan ini dapat berikan rasa unik di lidah yang dapat buat bayi mengetahui beragam type rasa. Bukan sekedar itu, brokoli juga mempunyai kandungan anti-kanker.
  5. Semacam polong-polongan. Makanan ini kaya protein serta serat.
  6. Jeruk mandarin. Rasa dari buah yang kaya vitamin C serta zat anti-oksidan ini begitu disenangi oleh bayi. Anda dapat memberikannya jadi finger food (makanan ringan).
  7. Labu. Sayuran ini mempunyai rasa manis yang alami serta memiliki tekstur creamy (lunak). Terkecuali nikmat disantap, labu kaya vitamin A serta C.
  8. Daging. Mungkin saja Anda berfikir kalau daging tidak pas untuk bayi karna teksturnya yang keras. Tetapi, itu bergantung dari langkah memasaknya. Memasak daging yang pas untuk bayi yaitu lewat cara di rebus kurun waktu lama supaya teksturnya empuk serta gampang dipotong kecil-kecil atau dihaluskan. Konsumsi daging bagus untuk bayi karna memiliki kandungan zinc serta zat besi. Daging telah dapat diberi pada bayi berumur 6–8 bln. ke atas.

Pada umur ini bayi tidak memprioritaskan makanan yang memanjakan lidahnya. Dia cuma makan untuk penuhi kebutuhannya saat lapar. Jadi, jauhi makanan yang memiliki kandungan banyak perasa penambahan seperti gula. Bayi tidak memerlukan gula. Menghindari Si Kecil dari zat ini dapat menolong menghindarnya dari rusaknya gigi. Untuk memberi rasa manis, Anda dapat memberikan ASI, susu formula, atau buah-buahan pada makanannya.

Janganlah juga memberikannya sangat banyak garam, karna garam tidak baik untuk kesehatan ginjalnya.

Diluar itu, jauhi memberikannya beberapa jenis makanan seperti madu, kacang, telur mentah atau 1/2 masak, type ikan laut yang disangka memiliki kandungan merkuri, kerang-kerangan mentah, makanan dengan kandungan lemak jemu tinggi, serta makanan rendah lemak.

Dengan memberi makanan sehat untuk bayi sesuai sama umur, Anda dapat mempunyai buah hati dengan badan yang sempurna.

Related Posts