Alat Kesehatan Yang Ada Di Puskesmas

Category : Kesehatan
Alat Kesehatan Yang Ada Di Puskesmasby Latedon.Alat Kesehatan Yang Ada Di PuskesmasSaya yakin, anda yang sedang membaca tulisan ini pasti pernah datang ke Puskesmas, entah itu untuk kebutuhan sendiri atau menemani keluarga memeriksakan diri ke dokter.  Kalau anda perhatikan, Puskesmas merupakan layanan kesehatan tingkat pertama yang biasanya didatangi orang. Di Puskesmas ini juga terdapat banyak alat – alat penunjang medis termasuk diantaranya alat kesehatan. Tahukah anda, […]

Saya yakin, anda yang sedang membaca tulisan ini pasti pernah datang ke Puskesmas, entah itu untuk kebutuhan sendiri atau menemani keluarga memeriksakan diri ke dokter.  Kalau anda perhatikan, Puskesmas merupakan layanan kesehatan tingkat pertama yang biasanya didatangi orang. Di Puskesmas ini juga terdapat banyak alat – alat penunjang medis termasuk diantaranya alat kesehatan. Tahukah anda, ada berapa macam alat kesehatan yang ada di Puskesmas ? Banyak !!! Oke, memang banyak. Berikut ini penulis mencoba untuk berbagi informasi mengenai beberapa macam alat – alat kesehatan yang ada di Puskesmas sekarang ini.

Berikut ini ada beberapa macam alat – alat kesehatan yang biasanya ada di Puskesmas.

1. Dental Unit

Dental unit merupakan satu set alat kesehatan yang berfungsi untuk pemeriksaan gigi dan gusi. Alat ini biasanya diletakan dalam poli khusus yaitu poli kesehatan gigi dan ditangani langsung oleh dokter gigi yang bertugas di Puskesmas tersebut. Dental unit terdiri dari berbagai macam alat – alat lain yang tentunya berhubungan dengan tindakan perawatan, pemeriksaan dan juga penyembuhan terhadapa gangguan pada gigi dan mulut yang dialami pasien.

2. Alat Kesehatan Kebidanan

Selain dental unit yang ada di Poli gigi, di Puskesmas juga pasti ada unit pelayanan untuk persalinan dan pemeriksaan kandungan untuk ibu hamil. Poli ini langsung ditangani oleh bidan senior yang bertugas di sana. Alat – alat medis yang berada di unit pelayanan ini cukup banyak. Selain alat kesehatan umum seperti tensimeter, termometer alat medis khusus untuk pemeriksaan kandungan juga ada. Seperti fetal doppler, inkubator bayi, timbangan bayi dan lain sejenisnya.

3. Alkes di Poli Rawat Inap

Puskesmas sekrang ini kebanyakan sudah bisa melayani rawat inap pasien. Hal ini karena banyaknya anggaran kesehatan yang telah diberikan pemerintah. Untuk membuat layanan ini menjadi layak. Tentunya perlu dipenuhi berbagai macam peralatan non medis seperti furnitur untuk ruang rawat inap seperti bed pasien, almari pasien, dan alat – alat kesehatan lain yang dibutuhkan di dalam ruangan tersebut.

Masih ada banyak alat – alat lainnya yang ada di Puskesmas, karena tidak jarang puskesmas yang sudah memiliki unit laboratorium yang cukup lengkap. Sekian, semoga bermanfaat.

 

Related Posts