Akuntasi Sederhana Untuk Usaha Kecil

Category : Bisnis
Akuntasi Sederhana Untuk Usaha Kecilby Latedon.Akuntasi Sederhana Untuk Usaha KecilPerhitungan keuangan sebuah badan usaha kecil tentu saja berbeda dengan badan usaha skala besar. Jika laporan yang di buat pada perusahaan besar biasanya akan di buat sebaik dan serapi mungkin oleh seorang yang berkompeten di bidang perhitungan akuntansi. Biasanya para akuntan tersebut menggunakan beberapa aplikasi akuntansi yang dapat membantu perhitungan keuangan perusahaan. Laporan yang di […]

Perhitungan keuangan sebuah badan usaha kecil tentu saja berbeda dengan badan usaha skala besar. Jika laporan yang di buat pada perusahaan besar biasanya akan di buat sebaik dan serapi mungkin oleh seorang yang berkompeten di bidang perhitungan akuntansi. Biasanya para akuntan tersebut menggunakan beberapa aplikasi akuntansi yang dapat membantu perhitungan keuangan perusahaan. Laporan yang di buat di fungsikan untuk menghitung rugi laba dan bukti pertanggung jawabab karena menjadi pusat informasi untuk bisa mengambil setiap kebijakan.

Namun bagaimana bentuk laporan keuangan untuk usaha kecil yang notabene belum tentu memiliki akuntan yang bisa menghitung rugi laba badan usaha tersebut? berikut laporan sederhana untuk usaha kecil yang bisa anda terapkan.

Bentuk Akuntansi Sederhana

Untuk dapat membuat sebuah laporan keuangan tentu saja harus sesuai dengan ilmu akuntansi. Dalam hal ini anda tak perlu banyak mempelajari keseluruhan ilmu tersebut, hanya saja beberapa yang harus dan wajib di pahami. Bagi para pelaku usaha kecil menengah wajib mengetahui tentang standar software akuntasi keuangan yang sengaja di buat untuk para pelaku usaha kecil. Laporan keuangan yang di buat untuk memberikan informasi mengenai laporan arus kas, kinerja keuangan serta posisi keuangan.

Software Akuntansi

Software Akuntansi

Bagi para pelaku usaha yang masih kesulitan dalam menghitung keuangan dapat menggunakan beberapa Aplikasi keuangan yang bisa membantu anda dalam perhitungan keuangan badan usaha tersebut. laporan keuangan yang di buat tidak di peruntukkan bagi pengguna di luar badan usaha oaleh sebab itulah penting bagi para pelaku usaha untuk membuat laporan keuangan berdasarkan atas standar akuntansi keuangan untuk entitas tanpa akuntabilitas publik.

Bagi para pelaku usaha kecil menengah juga memiliki kewajiban untuk membayar pajak, meskipun banyak pelaku usaha yang mengeluhkan beban serta rumitnya pajak sehingga para pelaku usaha tersebut enggan membayar pajak yang telah di bebankan. Beberapa pajak umkm yang harus di bayarkan oleh para pelaku usaha seperti pajak penghasilan atas penghasilan usaha yang telah di terima dengan tarif pph sebesar 1%. Untuk mempermudah penghitungan pajak anda bisa menggunakan aplikasi pajak yang bisa membantu menghitung jumlah pajak. Adapun penghitungan pajak yang yang berdasar atas omzet berguna untuk memudahkan para pelaku usaha dalam menghitung pajak yang harus di bayarkan tanpa menggunakan pembukuan yang lengkap. Jikalau di haruskan untuk membuat pembukuan dalam laporan keuangan dapat di buat dengan menggunakan software pembukuan yang memudahkan dalam membuat pembukuan keuangan.

Akuntansi ukm di buat dengan lebih sederhana karena merupakan sebuah usaha dalam skala kecil, meskipun di buat lebih sederhana dan mudah akan tetapi laporan keuangan di rancang tanpa menyalahi aturan yang telah di buat dalam akuntansi keuangan.

Related Posts